Kalau Bukan Bagian Dari Solusi Berarti Bagian Dari Sampah

Besi Holo


Besi Hollow sangat baik digunakan untuk pemasangan rangka besi plafon dan dinding partisi rumah, gedung,dll. Kelebihan besi hollow yaitu lebih cepat pemasangannya, lebih kuat, lebih murah, tidak perlu di cat lagi, tahan karat, anti rayap, dan bebas perawatan.
Besi holo untuk atap
Penggunaan besi Hollow untuk rangka atap rumah memang bisa-bisa saja selama pembebanan di atasnya tidak terlampau berat. Tetapi tidak merekomendasikan penggunaan besi hollow untuk rangka atap karena banyak keterbatasan dari material yang satu ini seperti :
• Struktur bahan yang tidak solid karena berlubang di dalamnya menyebabkan material ini mudah mengalami tekuk sehingga tidak kuat menahan pembebanan yang berat. Jika menggunakan ukuran yang lebih besar dan besi yang cukup tebal mungkin masalah ini bisa diatasi, tetapi harganya menjadi mahal sehingga kurang efisien.
• Ukuran bahan yang terbatas (maksimal 4 m) sehingga tidak mampu digunakan untuk bentang atap yang lebar. Penyambungan dengan pengelasan mengakibatkan kelemahan pada titik-titik sambungan tersebut.
•Sifat besi yang mudah mengalami korosi, sehingga butuh aplikasi anti karat dan pengecatan akhir sehingga menjadi mahal.
Jika tetap ingin menggunakannya sebagai penutup atap maka bisa dikombinasikan dengan baja canal C sebagai kuda-kudanya dan besi hollow 20×40 mm sebagai pengganti seng.
Besi hollow dapat dipergunakan untuk konstruksi yang tidak membutuhkan pembebanan yang berat seperti pekerjaan canopy di atas carport, skylight dengan bentang kecil, pagar rumah, teralis, rangka plafond atau rangka dinding partisi.
Memang dalam memilih material, kita harus cermat jangan sampai salah perhitungan. Material yang murah belum tentu cocok untuk diaplikasikan pada semua jenis pekerjaan, sehingga nantinya akan menyulitkan kita sendiri.
Sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan kontraktor spesialis atap baja ringan jika tetap menginginkan atap rumah anda tidak menggunakan kayu, karena material ini memang sudah direkomendasikan untuk pekerjaan rangka atap. Memang akan terasa cukup mahal jika kita menggunakan konstruksi atap berbahan baja ringan ini, tetapi akan sebanding jika anda menggunakan jenis kayu kelas 2 dan kelebihannya material ini tidak membutuhkan perawatan di kemudian hari karena bebas rayap dan tahan karat. Aplikasinya pun lebih mudah karena pihak kontraktor baja ringan ini sendiri yang akan membuat perhitungan, gambar dan mengaplikasikannya di rumah anda sehingga budget anda lebih terprediksi.
Adapun jenis pipa kotak/hollow ada 2 macam yaitu pipa hollow hitam dan pipa hollow putih/galvanis. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.


1. Holo Hitam
Kelebihan  yang menonjol dari pipa hollow hitam adalah jenis pipa ini lebih lengket terhadap cat (asalkan tehnik pengecatannya  benar) Adapun kekurangannya adalah tidak  tahan terhadap kelembaban/air hujan dan mudah keropos apalagi pengecatannya yang asal-asalan .Meskipun bagian luarnya dicat dengan bagus biasannya akan mengalami kerusakan/korosi dari dalam pipa. Akan lebih tahan lama apabila bahan ini dipakai untuk interior.
2. Pipa hollow putih/galvanis
adalah jenis pipa hitam yang dilapisi seng(zn) bagian luar dan dalam pipa yang fungsinya melindungi dari korosi air terhadap pipa, sehingga bahan ini bagus dipakai untuk eksterior. Namun di sisi lain pipa ini kurang lengket terhadap cat, karena terdiri dari dua unsur logam yang berbeda tingkat muai/susutnya yaitu besi dan seng, oleh karena itu berpengaruh terhadap daya lengket cat sehingga kadang-kadang catnya terlihat pecah dan mengelupas.Tetapi walaupun catnya mengelupas  biasanya tidak mudah berkarat.
A.Ukuran pipa hollow :
.20x20
.20x40
.30x30
.30x50
.40x40
.40x60
.50x50
.60x60
Semua ukuran di atas dalam milimeter(mm) dan masih banyak ukuran lain, namun kami hanya menampilkan ukuran umum untuk bahan pagar saja. Untuk ukuran pipa sebagai bahan pagar minimal yang layak digunakan adalah 40x40 sebagai frame/rangka dan 20x20/20x40 untuk jari-jari/jerujinya. Penggunaan ukuran dibawah ukuran tersebut kurang bagus baik dari segi estetika ataupun kekuatan sebuah pagar minimalis.
B.Ketebalan pipa hollow.
Ada bermacam-macam ketebalan pipa hollow yang lazim dipakai untuk pembuatan pagar minimalis. Mulai dari 0,6 - 0,7- 0,8- 1,0-1,2-1,5-2,0-3,0 (milimeter). Sebenarnya  minimal ketebalan yang layak untuk bahan pagar adalah 1,0 mm, namun karena persaingan harga dipasaran ada juga yang menggunakan ketebalan dibawahnya.
Jadi misalnya anda sudah memasang pagar rumah dan mendapatkan harga pagar 300 ribu/m2nya, sedangkan tetangga samping anda baru pasang pagar dengan harga 400 ribu/m2nya, jangan buru-buru-buru menyimpulkan bahwa anda mendapatkan harga yang lebih murah. Bisa jadi memang spesifikasi bahan yang digunakan & kwalitas pengecatannya   berbeda alias 'serupa tapi tak sama'.

 

2 komentar:

  1. Informasi yang menarik. Menjadi referensi tambahan untuk kami.
    Terima kasih..
    Regards,

    www.indopipa.com

    ReplyDelete
  2. kami menjual besi hollow SNI (tebal 3) berbgai ukuran.
    Harga Rp. 5.500,-/Kg
    Hubung : 081322470224

    ReplyDelete