Kalau Bukan Bagian Dari Solusi Berarti Bagian Dari Sampah

Pengembang Buat Custom ROM untuk Nokia X, Berbasis Stock Android 4.1.2 dan Ada Google Play Store

Nokia X, ponsel pertama dari Nokia yang menjalankan OS Android resmi dihadirkan Februari lalu. Meski menjalankan Android, Nokia X tidak seperti ponsel Android pada umumnya. Nokia merombak total software-nya, dari mengubah antarmuka menjadi mirip Windows Phone, hingga mengganti aplikasi-aplikasi Google seperti Play Store dan Maps dengan aplikasi serupa dari Nokia.
Dengan tampilan mirip Windows Phone, Nokia ingin memudahkan pengguna yang berencana pindah dari Android ke Windows Phone. Antarmukanya memang unik karena tidak seperti Android pada umumnya. Banyak pengguna yang menyukainya, namun tidak sedikit pula yang kecewa, karena absennya toko aplikasi utama Android, Google Play Store.

Namun pengguna yang ingin merasakan Android sesungguhnya di ponsel Nokia X kini bisa terwujud. Para pengembang pihak ketiga sudah membuat custom ROM berbasis Code Aurora Android 4.1.2. Dengan custom ROM ini, Nokia X bisa tampil seperti ponsel Android pada umumnya, dengan antarmuka stok Android (seperti jajaran ponsel Nexus), beserta layanan Google Play Store.


Beberapa aplikasi dan fitur yang dilaporkan sudah berjalan normal adalah konektifitas dual-SIM, FM Radio, kamera, GPS, media playback, Bluetooth, dan layanan lokasi. Menurut salah satu pengembang bernama dhacker32 di forum XDA, custom ROM ini sudah dioptimalkan secara spesifik dan disesuaikan untuk ponsel dengan hardware Qualcomm.

Ia mencatat, custom ROM ini merupakan AOSP stock Android, sehingga pengguna yang ingin me-root harus mem-flash-nya sendiri. Fitur yang dilaporkan masih belum bekerja adalah audio out (microphone) saat panggilan, dan semua sensor-sensor.




  • Pengembang Buat Custom ROM untuk Nokia X, Berbasis Stock Android 4.1.2 dan Ada Google Play Store
  • Unknown
  • Thursday 10 April 2014
  • No comments:
 

0 komentar:

Post a Comment